1. Cara Menanam Bibit Buah Naga Mulai dari Biji



1.       Cara Menanam Bibit Buah Naga Mulai dari Biji
Banyak cara untuk menghasilkan bibit buah naga, salah satunya adalah melalui metode penyemaian benih. Tanaman Buah Naga termasuk kategori buah yang mempunyai biji, oleh karena itu, Anda dapat melakukan penyemaian sendiri dengan cara menumbuhkan dari biji. Penulis akan menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu Anda tahu.
Ambil buah naga dari pohon, pilih buah yang sudah matang tua. Keluarkan biji buah naga yang kecil dan lembut, dan bersihkan dengan air. Anda akan mendapatkan bintik-bintik kecil buah naga yang warnanya hitam. Setelah mendapatkan bijinya, lalu keringkan di bawah terik sinar matahari kurang lebih 2-3 hari. Jika benih bibit buah naga telah benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah proses penyiapan media tanam.
Sediakan tanah yang gembur. Tanah bisa berupa tanah biasa yang teksturnya tidak terlalu padat. Sebaiknya media tanam ini dicampur dengan pupuk kascing (tanah yang mengandung kotoran cacing). Atau jika tidak ada pupuk kascing, Anda bisa mencampur tanah itu dengan kotoran kambing atau sapi yang sudah kering. Proses Ini memang nampak kotor, tetapi sangat penting untuk membuat tanah memunculkan hara. Tanah yang dipupuk secara organik akan sangat berguna bagi tumbuhnya bibit buah naga yang Anda semakian.
Persiapan tanah itu kemudian letakkan ke dalam plastik atau polibag. Jikat tidak ada, Anda bisamenaruhnya di tempat yang anam dari diruak oleh binatang. Penyemaian membutuhkan tempat yang terbuka dan tersiangi oleh matahari.
Letekkan biji buah naga yang sudah dikeringkan itu ke media tanam dengan kedalaman sekitar 0,5 sampai 1 centi meter. Berikan siraman agar tanah menjadi lembab. Setelah itu, tanaman tersebut di tempat yang aman. Siram kembali media tanam itu jika sudah kelihatan kering.
Benih yang telah Anda tanam itu membutuhkan waktu 2-3minggu untuk masa pertumbuhan. Normalnya, ia akan mengeluarkan akar kecambah dan mulai memperlihatkan daun pertama yang berwarna hijau segar. Ini akan terjadi di minggu ke dua sejak penanaman.
Setelah bibit buah naga tumbuh, Anda perlu menunggunya untuk tumbuh lebih sepajang satu jengkal. Pindahkan untuk di tanam di lahan secara langsung. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat Tumbuh Budidaya Buah Naga

Budidaya Buah Naga

Bibit Buah Naga