Syarat Tumbuh Budidaya Buah Naga

 Syarat Tumbuh Budidaya Buah Naga

bibit buah naga

Saat ini buah naga sedang dibudidayakan secara luas di Indonesia. Pembudidayaannya menggunakan system organik yang bebas pestisida dan bahan sintetis lainnya. Adapun syarat tumbuh buah naga : Tanaman ini dapat tumbuh didataran rendah, pada ketinggian 20-500 m diatas permukaan laut dengan kondisi tanah yang gembur,porous, banyak mengandung bahan organik yang mengandung unsur hara, dengan pH 5 – 7.
Air harus cukup tersedia, karena tanaman ini peka terhadap kekeringan dan akan membusuk bila kelebihan air. Membutuhkan penyinaran cahaya matahari penuh, untuk mempercepat proses pembungaan. Persiapan Lahan Persiapkan tiang penopang untuk tegakan tanaman, karena tanaman ini tidak mempunyai batang primer yang kokoh. Dapat menggunakan tiang dari kayu atau beton dengan ukuran 10 cm x 10 cm dengan tinggi 2 meter, yang ditancapkan ke tanah se dalam 50 cm.
Ujung bagian atas dari tiang penyangga diberi besi yang berbentuk lingkaran untuk cabang tanaman. Sebulan sebelum tanam, terlebih dahulu dibuatkan lubang tanam dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam 2 m x 2,5 m, sehingga dalam 1 ha terdapat sekitar 2000 lubang tanam penyangga. Setiap tiang/pohon penyangga itu dibuat 3 – 4 lubang tanam dengan jarak sekitar 30 cm dari tiang penyangga. Lubang tanam tersebut kemudian diberi pupuk kandang yang masak sebanyak 5 – 10 kg dicampur dengan tanah.
Persiapan bibit dan penanaman
 Buah naga dapat diperbanyak dengan cara stek dan biji tetapi umumnya bibit yang digunakan dalam bentuk stek. Stek yang dibutuhkan untuk bahan batang tanaman dengan panjangnya 25 – 30 cm yang ditanam dalam polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pemeliharaan Pengairan : pada tahap awal pertumbuhan pengairan dilakukan 1 – 2 hari sekali. Pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan.

Pemupukan : pemupukan tanaman di berikan pupuk kandang, dengan interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyak 5 – 10 kg. Pemangkasan : Batang utama (primer) di pangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga (sekitar 2 meter), dan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi dan ditumbuhkan 2 cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.
Anda berminat budidaya buah naga? kami sedia bibit buah naga murah dan siap kirim ke seluruh penjuru nusantara. Untuk pemesanan bisa menghubungi kami di WA/ SMS 087838393451. Salam sukses untuk anda pembudidaya buah naga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budidaya Buah Naga

Bibit Buah Naga